oleh

33 Rumah dan 120 Jiwa Terdampak Meluapnya Sungai Pengkol

JAKARTA – Musim penghujan masih berlangsung, hujan dengan intensitas tinggi disertai banjir kiriman dari wilayah hulu mengakibatkan Sungai Pengkol, Kota Semarang, meluap pada Minggu (17/1/2021) pukul 17.00 WIB.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, meluapnya sungai berdampak pada Kecamatan Tembalang dan Kelurahan Meteseh yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta kerap dilanda banjir saat Sungai Pengkol meluap.

Baca Juga  Kontroversi Kamus Sejarah, Muhadjir Minta Nadiem Bentuk Tim Investigasi

Pusat Pengendalian Operasi BPBD Semarang melaporkan kurang lebih 33 unit rumah dan 120 jiwa terdampak dengan Tinggi Muka Air (TMA) rata-rata 200 cm.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang masih melakukan pendataan terhadap jumlah warga yang harus mengungsi.

Kondisi di lokasi banjir saat ini telah berangsur surut, sementara tim BPBD Kota Semarang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penangan dampak meluapnya sungai Pengkol.

Baca Juga  Peringati HPN 2021, SMSI Tuntaskan Bangun Jalan dan Sanitasi

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Provinsi Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir.

Untuk itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga ditengah musim hujan yang akan terjadi di sejumlah wilayah hingga Februari 2021.

Masyarakat dapat memantau informasi prakiraan cuaca melalui BMKG serta memeriksa potensi bencana disekitar wilayah melalui InaRisk. (*/cr4)

Baca Juga  Ketua Umum PRD Kantor Pusat SMSI, Bahas Masa Depan Bangsa

Sumber: bnpb.go.id

News Feed