oleh

BMKG: Ini 18 Wilayah di Tanah Air yang Akan Alami Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 18 wilayah di Tanah Air, Kamis (26/8/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan angin kencang. Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Baca Juga  BMKG Mengimbau Masyarakat Waspadai Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Di Beberapa Daerah Di Indonesia

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Cuaca serupa juga berpotensi di Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 19 derajat hingga 35 derajat Celsius dengan kelembaban udara 45-100%.

Baca Juga  Peserta JKN-KIS Dapat Mengakses Layanan BPJS Kesehatan Melalui Layanan Pandawa

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dominan bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Enggano hingga Bengkulu, Perairan barat Lampung, Perairan selatan Banten, Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Aru, Perairan Yos Sudarso hingga Merauke dan Laut Arafuru.

Baca Juga  BPS: Ini Komoditas yang Membuat Inflasi Inti Sebesar 0,08%

Waspada juga tinggi gelombang 4 hingga 6 meter (sangat tinggi) yang berpeluang terjadi beberapa Samudra hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar tetap selalu waspada,” demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia. (*/cr2)

Sumber: beritasatu.com

News Feed