oleh

Daftar Ucapan Hari Batik Nasional Berikut Ini

Hari Batik Nasional diperingati tanggal 2 Oktober setiap tahun. Nah, apakah kalian sudah menyiapkan ucapan Hari Batik Nasional 2021?

Hari Sabtu, 2 Oktober 2021 adalah peringatan Hari Batik Nasional yang ke 12 tahun sejak tahun 2009 lalu. Ucapan Hari Batik Nasional 2021 dapat kalian bagikan kepada teman dan keluarga.

Hari Batik Nasional berfungsi sebagai bentuk perayaan atas ditetapkannya Batik sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Sebagai generasi milenial, kita wajib ikut serta merayakan Hari Batik Nasional 2021. Kalau bingung bikin caption atau kata-kata ucapan Hari Batik Nasional, kamu bisa ambil ide ucapan Hari Batik Nasional 2021 di bawah ini:

  1. Batik adalah warisan budaya, jadi jangan disia-siakan begitu saja. Mari kita lestarikan dan buat batik semakin dikenal. Selamat Hari Batik Nasional 2021.
  2. Jangan cuma bangga jadi generasi milenial yang kekinian, tapi banggalah ketika kamu mau untuk memakai batik tanpa takut dicap ketinggalan zaman. Happy Batik Day 2021!
  3. Batik bukanlah sekadar kain atau simbol, tapi batik adalah citra bangsa kita yaitu Indonesia. Ayo pakai batik! Selamat Hari Batik Nasional 2021.
  4. Harta yang paling berharga bukan hanya berbentuk materi, tapi juga warisan budaya yang penuh sejarah, salah satunya adalah Batik. Jadi, jangan malu pakai batik. Happy Batik Day 2021!
  5. Selamat Hari Batik Nasional 2021, semoga batik tetap eksis dan tidak akan tergerus oleh budaya asing.
  6. Milenial kekinian itu biasa, tapi milenial berbudaya itu baru luar biasa. Apalagi milenial yang bisa membawa budaya Indonesia ke kanca dunia. Happy Batik Day 2021, mari menjadi milenial yang berbudaya!
  7. Selamat Hari Batik Nasional 2021. Ayo, tampil cantik dengan batik dan ciptakan kesan unik nan eksentrik.
  8. Selamat Hari Batik Nasional 2021, mari kita warnai hidup dengan beragam motif batik. Ini batikku, mana batikmu?
Baca Juga  Kepala Kejati NTB: Pihaknya Akan Sita Aset Empat Tersangka Kasus Pengadaan Benih Jagung Tahun 2017

Menurut UNESCO ICH dalam Iwearbatik, batik memiliki makna keragaman budaya, identitas masyarakat, dan kelompok individu yang harus dihormati seutuhnya. Nilai-nilai yang melekat pada batik di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Teknik produksi
  • Ekspresi budaya dan makna sosial budaya
  • Aturan pemakaian khusus
  • Kuatnya karakter pemberdayaan sosial dalam tradisi membatik.

Kain katun maupun sutra yang digambar dan diwarnai secara langsung menggunakan lilin dengan canting disebut juga sebagai batik. Kerajinan batik ini merupakan identitas budaya masyarakat Indonesia. Makna simbolis dari desain serta warna mengekspresikan kreativitas dan juga spiritualitas.

Baca Juga  Pakar Keamanan Siber Ingatkan Pengguna Media Sosial Melakukan Verifikasi Dua Langkah Guna Mencegah Peretasan

Istilah “batik” sendiri berasal dari bahasa Melayu yang dirangkai dari kata ‘amba’ yang memiliki arti kain yang lebar dan ‘tik’ yang berasal dari kata ‘titik’. Dengan demikian, batik adalah titik-titik yang digambar pada kain yang lebar hingga membentuk suatu pola indah.

Itulah beberapa ucapan Hari Batik Nasional yang dapat kalian bagikan besok pada tanggal 2 Oktober 2021. (*/cr2)

Baca Juga  50 Titik Panas Terpantau di Kalimantan Selatan

Sumber: suara.com

News Feed