oleh

Dante Saksono Harbuwono Tegaskan Belum Ditemukan Varian Mu Atau B1621 di Indonesia

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing(WGS) terhadap 7.000 sampel belum ditemukan varian Mu atau B1621 di Indonesia.

“Bebrapa tempat di sekitar kita varian MU ini belum terdapat, kita sudah melakukan Whole Genome Sequencing terhadap 7.000 orang seluruh Indonesia dan belum terdeteksi varian Mu,” kata Dante saat memberi keterangan pers terkait “Update Penanganan Pandemi Covid-19”, Senin (6/9/2021).

Baca Juga  11 ASN Terpapar COVID-19 Di Kudus

Dante menyebutkan, munculnya varian-varian baru karena semakin banyak kasus Covid-19 berkembang, maka virus akan melakukan modifikasi dengan melakukan mutasi.

Khusus untuk varian MU, lanjut Dante, varian tersebut ditemukan di Kolombia dan secara laboratorium menyebutkan varian tersebut mempunyai resistansi terhadap kondisi vaksin. Kendati demikian, penularannya tidak seganas varian Delta,

Sebagaimana diketahui, World Health Organization (WHO) menetapkan varian Mu atau B1621 sebagai strain baru virus Corona dengan status Variant of Interest (VoI) pada 31 Agustus 2021 lalu. Varian tersebut pertama kali ditemukan di Kolombia. (*/cr2)

Baca Juga  Anak dan Kerabat Adelin Lis Bayar Cicilan Denda dan Uang Pengganti ke Kejari Medan

Sumber: beritasatu.com

News Feed