oleh

Gubernur Jawa Tengah Minta Pemerintah Siapkan Rumah Sakit Khusus Penanganan Covid-19

Kasus Covid-19 di Banjarnegara mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar Pemerintah Kabupaten segera melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan rumah sakit khusus untuk penanganan Covid-19.
Permintaan itu disampaikan Ganjar usai meninjau RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara dan RSI Banjarnegara, pada Kamis (8/7). Di dua rumah sakit tersebut Ganjar mendapat laporan jika bed ocupancy ratio (BOR) terhitung tinggi.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Lakukan Monitoring dan Evaluasi Penerapan PPKM

“Hari ini cukup eksponensial ya saya lihat (peningkatan kasus Covid-19), kemarin mulai ndedel gitu naiknya,” ujar Ganjar, seeprti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Kamis.

“Itu loncengnya sudah harus dibunyikan,” ujar Ganjar.

Ia menghinbau agar segera disiapkan rumah sakit-rumah sakit rujukan kemudian saling membagi peran dan tugasnya, seperti menghitung kapasitasnya. Setelah itu, bisa dilakukan pendataan seluruh kebutuhan pelayanannya. Mana yang bisa dipenuhi sendiri oleh pemkab, dan yang tidak. Sehingga bisa dilaporkan dan pemprov bisa turut membantu.

Ganjar mengungkapkan, Pemkab Banjarnegara harus belajar dari pengalaman yang terjadi di Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu, yang sempat jadi zona merah dan kini sudah melandai.

Baca Juga  Pemkot Tangerang Berikan Bantuan Kepada 26 Kelurahan Cibodas Baru

“Kudus sekarang mulai melandai, udah mulai bagus. Jadi saya harapkan nanti kawan-kawan di Banjarnegara bisa melakukan itu, ya setidaknya siapkanlah satu rumah sakit untuk Covid,” ujar Ganjar. (*/cr2)

Sumber: nusantara.rmol.id

News Feed