oleh

KNPI Penajam Megajak Pemuda Gali Potensi Lokal Guna Menyongsong Ibu Kota Negara

Penajam – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur mengajak para pemuda setempat terus menggali potensi lokal guna menyongsong perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru dari Jakarta ke daerah itu.

“Presiden Joko Widodo telah menetapkan Kabupaten PPU (Penajam Paser Utara) dan Kutai Kartanegara sebagai calon IKN baru, sehingga semua potensi lokal harus kita gali dan kembangkan untuk menyongsong IKN,” ujar Ketua KNPI Kabupaten PPU Sulthan di Penajam, Kamis.

Baca Juga  Perupa Yogyakarta Dorong Percepatan Vaksinasi Nasional

Penggalian potensi yang ia inginkan, antara lain terkait dengan sumber daya pemuda dengan berbagai keterampilan yang dimiliki.

Ia juga mengemukakan pentingnya para pemuda setempat meningkatkan keterampilan.

Potensi lainnya yang harus terus dikembangkan, seperti pertanian dalam arti luas, baik peternakan, perikanan, perkebunan, hingga tanaman pangan yang tersebar di empat kecamatan di PPU.

Baca Juga  BMKG : Perkiraan Cuaca Mayoritas Kota Besar Hari Ini Siang Berawan

Ketika ke depan IKN benar-benar pindah ke daerah itu, lanjut Sulthan, setidaknya PPU akan ketambahan 1,5 juta penduduk baru.

Ia menjelaskan besarnya tambahan jumlah penduduk ini akan membutuhkan sandang, pangan, rumah, dan berbagai keperluan lain.

“KNPI sebagai wadah berhimpunnya para pemuda, tentu sangat berkomitmen membangun kepemudaan yang aktif dan progresif dalam mengawal pembangunan daerah dan bangsa, terlebih menjelang pindahnya IKN baru,” ucap dia.

Baca Juga  Wakil Gubernur DKI Jakarta Himbau Tak Boleh Kendor dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Saat PTM

Ia mengatakan KNPI PPU akan menggelar Musyawarah Kecamatan (Muscam) Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) pada Juli 2021.

Ia menyebut isu menarik untuk dihadirkan dalam muscam tersebut, mengenai kesiapan pemuda dalam menyambut IKN baru.

“Muscam dilaksanakan karena masa jabatan DPK KNPI sudah habis, sehingga perlu dilakukan pemilihan ketua DPK. Selain itu, tentu akan ada penyegaran di tubuh organisasi di tingkat kecamatan,” ucap Sulthan. (*/cr3)

Sumber: antaranews.com

News Feed