oleh

Makanan Yang Baik Buat Dikonsumsi Saat Menstruasi

Kesehatan – Saat memasuki masa menstruasi, suasana hati wanita kerap berfluktuasi. Tak ayal, hal tersebut kerap membuat mereka meraih makanan-makanan tak sehat seperti keripik asin atau es krim untuk meningkatkan suasana hatinya. Padahal, jika diiarkan berlarut-larut hal tersebut bisa berbahaya,loh, bagi kesehatan.
Menurut pakar obstetri dan ginekologi Cristina McClure, pola makan buruk selama menstruasi berpotensi menyebabkan sejumlah masalah. “Makanan manis bisa meningkatkan kadar insulin, dan kadar insulin yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada wanita,” ucap MCClure.
Itu sebabnya, wanita disarankan menerapkan diet rendah glikemik, setidaknya beberapa minggu sebelum masa menstruasi.  Jika Anda makan banyak karbohidrat dan gula selama menstruasi, Anda mungkin merasa kembung. Wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur yang dapat menyebabkan komplikasi lain. Tetapi ketika kadar gula darah Anda naik dan turun, kata McClure,
Anda rentan merasa lelah atau sering sakit kepala. Mengonsumsi makanan tak sehat selama menstruasi juga bisa juga mengganggu kadar estrogen dalam tubuh. “Beberapa makanan bisa mengandung estrogen tambahan, khususnya makanan dari produk hewani,” tambah McClure.
Estrogen, yang dapat ditemukan di beberapa produk hewani dan minyak tambahan, dapat menyebabkan lapisan rahim Anda menebal secara tidak normal. Kemudian, selama siklus menstruasi, tubuh harus membuat lebih banyak prostaglandin untuk memecah lapisan tersebut.
Tingginya kadar prostaglandin akan memicu rasa sakit. Karena itu, Anda harus menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh Anda. Tips jaga pola makan selama menstruasi Memang susah mengubah pola makan hanya dalam sehari semalam. Karena itu,Anda bisa mencobanya secara bertahap. Kebiasaan makan sehat ini juga perlu diterapkan meskipu Anda tidak sedang menstruasi.
“Pada awalnya mungkin sulit. Namun seiirng waktu, kita akan terbiasa,” tambah McClure. McClure juga merekomendasikan untuk mengurangi kafein dan alkohol juga karena minuman ini dapat membuat Anda dehidrasi. Jika Anda tidak bisa hidup tanpa kopi, dia menyarankan agar Anda minum secangkir di pagi hari, lalu beralih ke air minum di sisa hari.
Namun jika Anda merasa air itu membosankan, tambahkan saja irisan buah segar favorit Anda ke dalamnya seperti lemon, buah beri, atau mentimun. Makanan yang direkomendasikan Karena tubuh wanita mengalami banyak hal selama menstruasi, McClure menyarankan agar para wanita menjaga asupan antioksidan, zat besi dan serat.
“Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi utama seperti vitamin D dan omega-3 Anda seperti salmon, biji rami, dan kacang untuk mengurangi peradangan secara alami,” tambahnya.
Berikut makanan yang disarankan selama menstruasi” Sumber Zat Besi Para wanita disarankan mulai meningkatkan kadar zat besi Anda satu atau dua minggu sebelum menstruasi untuk meningkatkan jumlah darah Anda. Anda bisa mendapatkan asupan zat besi dari lobak, brokoli, dan bayam. Sumber antioksidan Asupan antioksidan bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti blueberry, blackberry, stroberi, raspberry dan ceri.
Antioksidan ini penting karena membantu melawan radikal bebas yang terkait dengan penyakit seperti diabetes dan kanker. Serat Serat dapat ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Asupan serat ini sangar penting untuk memblokir reabsorpsi estrogen. (*/cr3)
Sumber: ssatubanten.com
Baca Juga  Kemenkes: Percepat Vaksinasi Disabilitas

News Feed