oleh

Penerima Vaksinasi Ibu Hamil di Kabupaten Tangerang Telah Capai 600 Orang

Sebanyak 600 ibu hamil di Kabupaten Tangerang, Banten, telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama setelah Kementerian Kesehatan (Kemkes) mengizinkan pemberian vaksin itu pada 2 Agustus 2021.

“Untuk sekarang penerima vaksinasi ibu hamil, khususnya di Kabupaten Tangerang, sudah ada sekitar 600 orang dari target 10.000 sasaran,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Tangerang, Jumat (20/8/2021).

Ia menuturkan, merujuk pada surat edaran Kemkes bahwa kegiatan vaksinasi ibu hamil akan dimasukkan dalam kriteria khusus, sehingga proses skrining atau penyaringan vaksin itu dilakukan secara lebih rinci bila dibandingkan dengan yang lainnya.

Baca Juga  Gotong Royong Rampung Tanggul Sungai

Selain itu, menurut dia, pemberian vaksin Covid-19 terhadap ibu hamil ini juga sangat penting dilakukan, karena kelompok tersebut memiliki risiko yang cukup besar terpapar virus corona.

“Memang pemberian vaksin pada ibu hamil ini perlu dilakukan, untuk upaya menekan angka kematian ibu hamil karena Covid-19,” katanya.

Ia mengatakan, vaksin yang diberikan merupakan vaksin jenis Sinovac dan Moderna, sedangkan syarat ibu hamil yang bisa divaksinasi minimal usia kandungan 13 minggu ke atas atau trimester kedua.

Baca Juga  Hasil Survei LSI: Kepercayaan Masyarakat Terhadap Jokowi Meluncur di Bawah 50 Persen

“Kalau syarat ibu hamil yang boleh di vaksin itu empat bulan ke atas dengan tidak memiliki gejala-gejala berlebih,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bagi ibu hamil yang belum mendaftar untuk divaksin bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat atau mendaftar secara daring melalui situs http://covid19.tangerangkab.go.id yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

“Persyaratan pendaftaran sama saja seperti vaksin masyarakat umum, nanti bisa daftar melalui daring atau langsung ke puskesmas dan rumah sakit terdekat,” ucapnya.

Baca Juga  KKP Kuburkan Bangkai Paus Bryde yang Terdampar di Bali

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyebutkan sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 507.035 orang dari kelompok tenaga kesehatan, petugas pelayan publik, lanjut usia (lansia), remaja, dan masyarakat umum.

Dari total sasaran vaksinasi tersebut, sekitar 530.037 orang atau 104.5% telah menerima suntikan dosis pertama dan dosis kedua sebanyak 238.042 orang atau 46.9%. (*/cr2)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed