oleh

Peran Serta Ideologi Pancasila Dalam Penanganan Covid-19

Serang – Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) sebagai Lembaga Pendidikan, Kajian dan Pengabdian dalam Pemberdayaan menyelenggarakan Webinar bekerjasama dengan Café Academia dalam rangka memperingati Pancasila sebagai dasar Indonesia merdeka dan menuju Kongres Nasional Anak Desa 2021. Pada Webinar kali ini mengusung tema Peran Serta Ideologi Pancasila Dalam Penanganan Covid – 19.

Dalam Webinar ini menghadirkan narasumber dari Akademisi FISIP Universitas Ageng Tirtayasa (Moh. Risky godjali, M.IP), Anggota DPRD Prov. Banten (Agus Supriyatna), Aktivis Muda Banten (Mufrod Tama) dan di moderatori oleh Depi Permana ( koordiantor Relawan SAF ).

Dalam memperingati Pancasila sebagai dasar Indonesia merdeka meningkatkan kembali Penerapan nilai – nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari perlu di terapkan dan dilaksanakan, dalam hal ini untuk menciptakan suasana yang dapat mencegah penyebaran covid-19.

Baca Juga  Kecam Parodi Lagu Indonesia Raya, LaNyalla: Menginjak-injak Kehormatan RI!

“peran ideologi pancasila dalam penenganan covid-19 perlu adanya kesadaran dan tanggung jawab dari masing-masing individu dalam hal ini baik masyarakat maupun pejabat, karena dalam penanganan wabah ini perlu kerjasama oleh semua pihak hal ini sesui dengan pancasila yaitu persatuan indoneisa dan keadilan social bagi seluruh Indonesia,” Ucap Moh. Ridky Godjali

Penerapan ideologi pancasila sangat penting dilakukan dan dijalankan bersama, terwujudnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan akan membantu masyarakat dan pemerintah.

Baca Juga  Pakar Keamanan Meminta OJK Dan Polri Memberantas Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Nilai-nilai Pancasila semakin relevan dengan situasi dan kondisi saat ini dimana bangsa Indonesia sedang menghadapi pandemi yang berdampak pada sektor ekonomi, sosial, politik, hingga hankam.Keseluruhan nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila memberi landasan berpikir dan bertindak bagaimana negara dan warga negara bersikap dan bertindak dalam menghadapi pandemi covid-19.

“Negara yang berhasil keluar dari pandemi Covid-19 adalah negara yang memiliki persatuan dan kesatuan serta solidaritas yang kuat, mulai dari pemerintah sampai masyarakat tingkat bawah. Dan nilai-nilai tersebut merupakan ideologi dasar dari Pancasila,” Ujar Agus Supriyatna

Baca Juga  Penerapan UU ITE : Ketua Umum SMSI Firdaus Dukung Kapolri Utamakan Langkah Damai

Revitalisasi idelogi pancasila sangat dianjurkan walupun dalam kenyataannya banyak yang tidak melaksannya, hal ini diharpkan untuk menekan kesadaran masyakat untuk menjaga dan merawat.

“Peran ideologi pancasila dalam keadaan saat ini di masa Pandemi perlu di terapkan sangat intensif mengingat wabah ini masih ada dan memerlukan perhatikan khusus bagi semua elemen masyarakat, dimana dalam pelasanaannya harus sesui amanat yang terkandung dalam keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang mana harus adil dan sama rata untuk bisa menuntasakan masalah wabah ini,” Mufrod Tama. (*/cr3)

Sumber: satubanten.com

News Feed