oleh

Tim Yang Solid Dan Pembinaan Intensif Hasilkan Prestasi bagi MAN 2 Mataram

MATARAM – Mengawali tahun 2021, MAN 2 Mataram sukses mendulang berbagai prestasi tingkat nasional. Januari hingga Februari, siswa telah mengikuti sejumlah kompetisi, dan seluruhnya menyabet juara tiga besar.

”Alhamdulilllah, 16 medali berhasil kami raih di awal tahun ini,” kata Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki, pada Lombok Post, Kamis (4/3).

Diantaranya, Rizka Isnaeni siswi kelas XI IPA I, juara III lomba Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) level 5. Kemudian juara II di Olympiad Eco Sains General Applied (Omega), juara II di Kompetisi Sains Indonesia (KSI), juara I di Olimpiade SBMPTN (SAINTEK), dan juara I di Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) Got Talent.

Lalu Fahril Dwi Suryadi kelas XI IPS I, juara III di KSI. Desnita Nindy Putri D kelas X IPA 6 juara III di Omega. Muhammad Abiyyu Hafiansyah kelas XI IPA 1 juara III di Madrasah Olympiad Contest (MOC). Marlita Wulansari kelas XI IPA 1, juara II di POSI Got Talent.

Baca Juga  Jaga Kelestarian, kembangankan Budidaya Perikanan

Sedangkan, Qudrotunada Shofia N, siswa kelas XI IPA 1 juara III di POSI Got Talent, dan juara II di Madrasah Science Competition (MSC). Halimatul Hanafiyyah kelas XI IPA 2 juara III di MSC. Naufal Fadhil Rosandi dan Marlita Wulansari dari kelas XI IPA I, masing-masing juara III di MSC. Putri Fatimah Helmiana kelas XII IPA 6, juara I dan Aldila Rizki Batari dari kelas XII IPA 5 meraih juara II di lomba Scifi Neutron 2021 Bidang Esai Ilmiah UNHAS Makassar.

”Prestasi yang kami dapatkan sekarang ini, kuncinya terletak pada membangun tim yang solid dan pembinaan yang intensif,” terangnya.

Baca Juga  Menteri Agama Hadiri Natal Virtual di Amerika Serikat, Tegaskan Pesan Persatuan

Semua raihan itu, menjadi langkah awal mempersiapkan diri meraih prestasi berikutnya. Tahun ini, MAN 2 Mataram menargetkan juara di kompetesi yang digelar Kemenag pusat, seperti Kompetisi Sains Madrasah, Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES), dan lainnya. ”Itu lomba yang agendakan oleh pusat, yang harus kita persiapkan mulai dari sekarang,” tegas dia.

Dirinya tetap memberi semangat dan motivasi, pada peserta didik. Pandemi Covid-19 bukan halangan untuk meraih prestasi. ”Semuanya kita bergerak, kami terus melakukan pembinaan dan pastinya kegiatan yang kita lakukan, tetap bertumpu pada penerapan prokes yang ketat,” jelas Syauki.

Apresiasi juga diberikan kepada guru pembimbing, yang dengan sabar terus berusaha mengajari siswa. Ia juga meminta komitmen orang tua atau wali siswa, percayakan kepada MAN 2 Mataram. ”Jangan khawatir, semuanya dalam pengawasan kami,” ujarnya.
Dengan prestasi yang diraih saat ini, membuat citra madrasah aliyah yang hebat dan bermartabat. ”Bahkan kami ingin menjadi madrasah yang mendunia, karena sudah banyak bukti anak-anak didik kami kuliah di luar negeri, tidak kalah dengan siswa SMA,” pungkas dia.

Baca Juga  Puskesmas Alami Penurunan Cakupan Imunisasi Dasar Sebesar 56,9%

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Mataram Meci Karimah Kasipahu menjelaskan, prestasi yang diraih saat ini merupakan pembuktian. ”Jadi tidak ada kata tidak bisa, apa pun itu yang penting semangat,” ujarnya.

Dalam mempertahankan sekaligus mengembangkan prestasi, pembinaan intensif akan terus dilakukan. ”Dukungan yang tidak kalah pentingnya berasal dari bapak kepala madrasah, tetap menaruh perhatian terhadap peningkatan kualitasi prestasi anak didiknya, ini menjadi motivasi buat kami,” tandasnya.  (*/cr4)

 

Sumber : ntb.siberindo.co

News Feed